Peta
Tingkah Laku (Latihan Kasus I)
ANTISEDEN
|
TINGKAH
LAKU
|
KONSEKUEN
|
3
· Guru
memberikan tugas dengan cara meminta para siswa mengerjakan tugas tersebut di
LKS
· Setelah
memberikan tugas, para guru sering meninggalkan kelas dan ngobrol di ruang
guru
|
1
(Sasaran Deselerasi)
Adit
sering kali mengganggu temannya dengan cara menyembunyikan alat-alat tulis
atau tas mereka saat para guru tidak berada di dalam kelas
|
4
· Guru akan
menengok kelasnya kembali setelah kegiatan berlangsung selama 15 menit
· Guru
memperkirakan para siswa telah selesai dengan tugasnya, guru meminta siswa
mengerjakannya di papan tulis
· Para siswa
belum selesai mengerjakan tugas
|
5
· Guru tetap mendampingi
siswa di kelas
· Guru memeriksa
siswa mengerjakan tugas dengan menghampiri siswa di bangkunya masing-masing
· Guru bertanya
pada siswa apakah ada diantara mereka telah menyelesaikan tugas
|
2
(Sasaran Akselerasi)
Adit
akan duduk manis dan mengerjakan tugas dengan baik
|
6
· Guru memberi
pujian pada siswa yang mengerjakan tugasnya dengan serius dan bersemangat
· Guru meminta
Adit untuk mengerjakan tugasnya di papan tulis
|
|
||
9
· Bila Adit
mulai menggoda temannya dengan menyembunyikan alat-alat tulis mereka, maka
guru akan menyuruhnya berdiri di depan kelas hingga pelajaran berakhir
· Bila Adit
terus menggoda temannya dan tidak segera mengerjakan tugas, maka guru akan
menyuruhnya keluarr untuk tidak mengikuti pelajaran
|
1
(Sasaran Deselerasi)
Adit
sering kali mengganggu temannya dengan cara menyembunyikan alat-alat tulis
atau tas mereka saat para guru tidak berada di dalam kelas
|
10
· Berdiri di
depan kelas
· Tidak boleh
mengikuti pelajaran sampai waktunya selesai
· Guru
membiarkan Adit
|
7
· Siswa lain
mengerjakan tugas dengan Adit dalam kerja kelompok di kelas
· Bila Adit
dapat duduk manis dan mengerjakan tugas dengan baik, maka Adit boleh tidak
membayar LKS pelajaran tersebut
|
2
(Sasaran Akselerasi)
Adit akan
duduk manis dan mengerjakan tugas dengan baik
|
8
· Guru memberi
pujian verbal
· Adit bisa
menghemat uang saku
· Ia akan
mendapatkan nilai yang baik
|
Peta
Tingkah Laku (Latihan Kasus II)
ANTISEDEN
|
TINGKAH
LAKU
|
KONSEKUEN
|
3
· Guru
membagikan tugas dan melanjutkan dengan pengumuman rutin
· Petunjuk
eksperimen diberikan dengan cara dibacakan
|
1
(Sasaran Deselerasi)
Siswa
terus berbicara satu sama lain di dalam kelas ketika diberikan tugas,
sehingga tidak dapat teselesaikan
|
4
· Guru terus
membacakan petunjuk ketika siswa masih saling berbicara
· Guru guru
tidak menegur tetapi terus membacakan petunjuk mengerjakan tugas
|
5
· Tugas
diberikan pada awal pelajaran setelah mempresensi siwa
· Pengumuman
diberikan di akhir pelajaran
· Petunjuk
eksperimen diberikan secara tertulis kepada siswa
|
2
(Sasaran Akselerasi)
Siswa
langsung mengerjakan tugas yang diberikan tanpa saling berbicara, sehingga
tugas dapat diselesaikan tepat waktu
|
6
· Guru melakukan
pengamatan pada siswa yang meninggalkan tempat duduk
· Guru juga ikut
bereksperimen
|
|
||
9
· Jika siswa
tidak memperhatikan pelajaran dan terus berbicara, maka guru akan memberikan
kartu kuning sebagai tanda peringatan
· Jika siswa
masih berbicara dan tidak segera mengerjakan tugas, maka pelajaran akan
diakhiri dan guru meninggalkan kelas
|
1
(Sasaran Deselerasi)
Siswa
terus berbicara satu sama lain di dalam kelas ketika diberikan tugas,
sehingga tidak dapat teselesaikan
|
10
· Guru menegur
siswa
· Guru meminta
hasil eksperimen untuk dikumpulkan
|
7
· Siswa lain
mengerjakan tugas dengan penuh konsentrasi dan tidak merespon ketika teman
mengajak berbicara
· Bila siswa
dapat bekerja dengan baik dan tidak ramai sendiri, maka siswa boleh
mengumpulkan hasil eksperimen minggu depan
|
2
(Sasaran Akselerasi)
Siswa
langsung mengerjakan tugas yang diberikan tanpa saling berbicara, sehingga
tugas dapat diselesaikan tepat waktu
|
8
· Guru memberi
pujian verbal
· Guru
menjajikan akan mengajak nonton film di kelasyang berhubungan dengan mata
pelajaran
|
Peta
Tingkah Laku Hasil Pengamatan
ANTISEDEN
|
TINGKAH
LAKU
|
KONSEKUEN
|
3
· Ibu memaksa
Rio untuk segera ambil makan
· Ayah menuju
tempat makan dengan tidak memperdulikan Rio
|
1
(Sasaran Deselerasi)
Rio
sering membentak Ibu ketika disuruh makan
|
4
· Ayah memanggil
Rio dari ruang makan untuk segera mengambil makan
|
5
· Ibu menyuruh
Rio dan Ayah segera ke tempat makan untuk makan bersama
· Ayah mengajak
Rio untuk makan bersama
|
2
(Sasaran Akselerasi)
Rio
bisa bersikap sopan kepada orang tua
|
6
· Ibu juga ikut
makan bersama Rio dan Ayahnya
· Ayah memuji
Rio, karena sudah tidak rewel kalau disuruh makan
|
|
||
9
· Bila Rio
membentak Ibu, maka Ibu akan memberikan kartu kuning sebagai tanda
memperingatkan
· Bila Rio masih
saja suka membentak Ibu ketika disuruh makan, maka Ibu tidak akan memberinya
uang saku
|
1
(Sasaran Deselerasi)
Rio
sering membentak Ibu ketika disuruh makan
|
10
· Rio tidak
mendapat uang saku
· Ayah dan
Ibunya membiarkan Rio
· Rio tidak bisa
jajan di sekolah
|
7
· Ibu memasak
makanan kesukaan Rio
· Bila Rio tidak
lagi suka membentak Ibu ketika disuruh makan, maka Rio akan mendapat tambahan
uang saku
|
2
(Sasaran Akselerasi)
Rio
bisa bersikap sopan kepada orang tua
|
8
· Rio bisa
menyisihkan uang saku
· Bisa menikmati
masakan Ibu
· Mendapat
pujian verbal dari Ayah maupun Ibu
|
Peta
Tingkah Laku Hasil Pengamatan
ANTISEDEN
|
TINGKAH
LAKU
|
KONSEKUEN
|
3
· Guru
meninggalkan siswa setelah memberikan soal ulangan MTK
· Didepan Andi
terdapat teman yang pintar MTK
|
1
(Sasaran Deselerasi)
Andi
menoleh kekanan kiri untuk menyontek jawaban teman-temannya
|
4
· Temannya
merasa risih dan tak rela hasil kerjanya dicontek dan melaporkannya ke guru
· Guru menegur
Andi saat terlihat menyontek
|
5
· Guru
memberikan soal ulangan dan tetap berada didalam kelas dan
· Kelas dan
memperhatikan masing-masing siswa
|
2
(Sasaran Akselerasi)
Andi
mengerjakan soal ulangan dengan tenang tidak menoleh kanan kiri
|
6
· Temannya yang
biasanya diconteki menjadi tenang dalam mengerjakan ujian
· Guru
memberikan pujian verbal pada Andi
|
|
||
9
· Guru menyuruh
Andi dan temannya mengerjakan soal di LKS MTK
· Guru terlebih
dahulu memberi contoh cara menyelesaikan soal dengan rumus
|
1
(Sasaran Deselerasi)
Andi
menoleh kanan kiri untuk menyontek jawaban teman-temannya
|
10
· Andi mendapat
teguran dari guru
· Temannya
menjadi terganggu
|
7
· Guru
memberikan contoh cara mengerjakan soal dengan rumus
· Guru memberi
tugas untuk diselesaikan dikelas
· Guru tetap
berada dikelas samapi jam pelajaran berakhir
|
2
(Sasaran Akselerasi)
Andi
mengerjakan soal ulangan dengan tenang dan tidak menoleh kanan kiri
|
8
· Guru senang
· Mendapat nilai
bagus
· Mendapatkan
dukungan dari teman
|
Peta
Tingkah Laku Hasil Pengamatan
ANTISEDEN
|
TINGKAH
LAKU
|
KONSEKUEN
|
3
· Deni duduk
dideretan bangku belakang
· Saat
menjelaskan, guru hanya duduk ditemapt guru
|
1
(Sasaran Deselerasi)
Deni
selalu jail pada teman-teman saat pelajaran berlangsung dengan mencubit,
menggelitiki dan menarik lengan baju temannya
|
4
· Teman-teman
Deni merasa terganggu dan tidak bisa berkonsentrasi sehingga gaduh karena
memarahi Deni
· Siswa menjadi
kurang memperhatikan penjelasan guru
|
5
· Tempat duduk
dirolling agar Deni bisa duduk didepan
· Guru bisa
menjelaskan dengan berdiri dan sesekali berjalan ke belakang (deretan bangku
belakang)
|
2
(Sasaran Akselerasi)
Deni
bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan tidak jail
|
6
· Teman-teman
Deni bisa belajar denga tenang dan bisa berkonsentrasi penuh
· Guru menjadi
lebih perhatian pada Deni
· Guru
memberikan pujian karena Deni sudah bisa mengikuti pelajaran dengan baik
|
|
||
9
· Guru
memberikan kesempatan pada Deni untuk bertanya tentang pelajaran yang kurang
jelas
· Tempat duduk
ditata membentuk huruf U
|
1
(Sasaran Deselerasi)
Deni
selalu jail pada teman-teman saat pelajaran berlangsung dengan mencubit,
menggelitiki dan menarik lengan baju temannya
|
10
· Guru
menjelaskan apa yang ditanyakan Deni
· Siswa lebih
fokus pada penjelasan guru
|
7
· Tempat duduk
bisa dibuat / ditata dengan posisi melingkar / berbebtuk U
· Guru lebih
perhatian pada siswa
· Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya / mengajukan pendapat
|
2
(Sasaran Akselerasi)
Deni
bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan tidak jail
|
8
· Guru bisa
mengawasi semua siswa
· Siswa bisa
lebih bersungguh-sungguh
· Siswa menjadi
mengerti dan paham dengan materi yang disampaikan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar