Rabu, 22 Februari 2012

Peta Tingkah Laku


Peta Tingkah Laku (Latihan Kasus I)
ANTISEDEN
TINGKAH LAKU
KONSEKUEN
3
·     Guru memberikan tugas dengan cara meminta para siswa mengerjakan tugas tersebut di LKS
·     Setelah memberikan tugas, para guru sering meninggalkan kelas dan ngobrol di ruang guru
1 (Sasaran Deselerasi)
Adit sering kali mengganggu temannya dengan cara menyembunyikan alat-alat tulis atau tas mereka saat para guru tidak berada di dalam kelas
4
·     Guru akan menengok kelasnya kembali setelah kegiatan berlangsung selama 15 menit
·     Guru memperkirakan para siswa telah selesai dengan tugasnya, guru meminta siswa mengerjakannya di papan tulis
·     Para siswa belum selesai mengerjakan tugas
5
·     Guru tetap mendampingi siswa di kelas
·     Guru memeriksa siswa mengerjakan tugas dengan menghampiri siswa di bangkunya masing-masing
·     Guru bertanya pada siswa apakah ada diantara mereka telah menyelesaikan tugas
2 (Sasaran Akselerasi)
Adit akan duduk manis dan mengerjakan tugas dengan baik
6
·     Guru memberi pujian pada siswa yang mengerjakan tugasnya dengan serius dan bersemangat
·     Guru meminta Adit untuk mengerjakan tugasnya di papan tulis

9
·     Bila Adit mulai menggoda temannya dengan menyembunyikan alat-alat tulis mereka, maka guru akan menyuruhnya berdiri di depan kelas hingga pelajaran berakhir
·     Bila Adit terus menggoda temannya dan tidak segera mengerjakan tugas, maka guru akan menyuruhnya keluarr untuk tidak mengikuti pelajaran
1 (Sasaran Deselerasi)
Adit sering kali mengganggu temannya dengan cara menyembunyikan alat-alat tulis atau tas mereka saat para guru tidak berada di dalam kelas
10
·     Berdiri di depan kelas
·     Tidak boleh mengikuti pelajaran sampai waktunya selesai
·     Guru membiarkan Adit
7
·  Siswa lain mengerjakan tugas dengan Adit dalam kerja kelompok di kelas
·  Bila Adit dapat duduk manis dan mengerjakan tugas dengan baik, maka Adit boleh tidak membayar LKS pelajaran tersebut
2 (Sasaran Akselerasi)
Adit akan duduk manis dan mengerjakan tugas dengan baik

8
·     Guru memberi pujian verbal
·     Adit bisa menghemat uang saku
·     Ia akan mendapatkan nilai yang baik



Peta Tingkah Laku (Latihan Kasus II)
ANTISEDEN
TINGKAH LAKU
KONSEKUEN
3
·     Guru membagikan tugas dan melanjutkan dengan pengumuman rutin
·     Petunjuk eksperimen diberikan dengan cara dibacakan
1 (Sasaran Deselerasi)
Siswa terus berbicara satu sama lain di dalam kelas ketika diberikan tugas, sehingga tidak dapat teselesaikan
4
·     Guru terus membacakan petunjuk ketika siswa masih saling berbicara
·     Guru guru tidak menegur tetapi terus membacakan petunjuk mengerjakan tugas
5
·     Tugas diberikan pada awal pelajaran setelah mempresensi siwa
·     Pengumuman diberikan di akhir pelajaran
·     Petunjuk eksperimen diberikan secara tertulis kepada siswa
2 (Sasaran Akselerasi)
Siswa langsung mengerjakan tugas yang diberikan tanpa saling berbicara, sehingga tugas dapat diselesaikan tepat waktu
6
·     Guru melakukan pengamatan pada siswa yang meninggalkan tempat duduk
·     Guru juga ikut bereksperimen

9
·     Jika siswa tidak memperhatikan pelajaran dan terus berbicara, maka guru akan memberikan kartu kuning sebagai tanda peringatan
·     Jika siswa masih berbicara dan tidak segera mengerjakan tugas, maka pelajaran akan diakhiri dan guru meninggalkan kelas
1 (Sasaran Deselerasi)
Siswa terus berbicara satu sama lain di dalam kelas ketika diberikan tugas, sehingga tidak dapat teselesaikan
10
·     Guru menegur siswa
·     Guru meminta hasil eksperimen untuk dikumpulkan

7
·  Siswa lain mengerjakan tugas dengan penuh konsentrasi dan tidak merespon ketika teman mengajak berbicara
·  Bila siswa dapat bekerja dengan baik dan tidak ramai sendiri, maka siswa boleh mengumpulkan hasil eksperimen minggu depan
2 (Sasaran Akselerasi)
Siswa langsung mengerjakan tugas yang diberikan tanpa saling berbicara, sehingga tugas dapat diselesaikan tepat waktu
8
·     Guru memberi pujian verbal
·     Guru menjajikan akan mengajak nonton film di kelasyang berhubungan dengan mata pelajaran





Peta Tingkah Laku Hasil Pengamatan
ANTISEDEN
TINGKAH LAKU
KONSEKUEN
3
·     Ibu memaksa Rio untuk segera ambil makan
·     Ayah menuju tempat makan dengan tidak memperdulikan Rio
1 (Sasaran Deselerasi)
Rio sering membentak Ibu ketika disuruh makan
4
·     Ayah memanggil Rio dari ruang makan untuk segera mengambil makan
5
·     Ibu menyuruh Rio dan Ayah segera ke tempat makan untuk makan bersama
·     Ayah mengajak Rio untuk makan bersama
2 (Sasaran Akselerasi)
Rio bisa bersikap sopan kepada orang tua
6
·     Ibu juga ikut makan bersama Rio dan Ayahnya
·     Ayah memuji Rio, karena sudah tidak rewel kalau disuruh makan

9
·     Bila Rio membentak Ibu, maka Ibu akan memberikan kartu kuning sebagai tanda memperingatkan
·     Bila Rio masih saja suka membentak Ibu ketika disuruh makan, maka Ibu tidak akan memberinya uang saku
1 (Sasaran Deselerasi)
Rio sering membentak Ibu ketika disuruh makan
10
·     Rio tidak mendapat uang saku
·     Ayah dan Ibunya membiarkan Rio
·     Rio tidak bisa jajan di sekolah
7
·  Ibu memasak makanan kesukaan Rio
·  Bila Rio tidak lagi suka membentak Ibu ketika disuruh makan, maka Rio akan mendapat tambahan uang saku
2 (Sasaran Akselerasi)
Rio bisa bersikap sopan kepada orang tua
8
·     Rio bisa menyisihkan uang saku
·     Bisa menikmati masakan Ibu
·     Mendapat pujian verbal dari Ayah maupun Ibu









Peta Tingkah Laku Hasil Pengamatan
ANTISEDEN
TINGKAH LAKU
KONSEKUEN
3
·     Guru meninggalkan siswa setelah memberikan soal ulangan MTK
·     Didepan Andi terdapat teman yang pintar MTK
1 (Sasaran Deselerasi)
Andi menoleh kekanan kiri untuk menyontek jawaban teman-temannya
4
·     Temannya merasa risih dan tak rela hasil kerjanya dicontek dan melaporkannya ke guru
·     Guru menegur Andi saat terlihat menyontek
5
·     Guru memberikan soal ulangan dan tetap berada didalam kelas dan
·     Kelas dan memperhatikan masing-masing siswa
2 (Sasaran Akselerasi)
Andi mengerjakan soal ulangan dengan tenang tidak menoleh kanan kiri
6
·     Temannya yang biasanya diconteki menjadi tenang dalam mengerjakan ujian
·     Guru memberikan pujian verbal pada Andi

9
·     Guru menyuruh Andi dan temannya mengerjakan soal di LKS MTK
·     Guru terlebih dahulu memberi contoh cara menyelesaikan soal dengan rumus
1 (Sasaran Deselerasi)
Andi menoleh kanan kiri untuk menyontek jawaban teman-temannya
10
·     Andi mendapat teguran dari guru
·     Temannya menjadi terganggu
7
·  Guru memberikan contoh cara mengerjakan soal dengan rumus
·  Guru memberi tugas untuk diselesaikan dikelas
·  Guru tetap berada dikelas samapi jam pelajaran berakhir
2 (Sasaran Akselerasi)
Andi mengerjakan soal ulangan dengan tenang dan tidak menoleh kanan kiri
8
·     Guru senang
·     Mendapat nilai bagus
·     Mendapatkan dukungan dari teman









Peta Tingkah Laku Hasil Pengamatan
ANTISEDEN
TINGKAH LAKU
KONSEKUEN
3
·     Deni duduk dideretan bangku belakang
·     Saat menjelaskan, guru hanya duduk ditemapt guru
1 (Sasaran Deselerasi)
Deni selalu jail pada teman-teman saat pelajaran berlangsung dengan mencubit, menggelitiki dan menarik lengan baju temannya
4
·     Teman-teman Deni merasa terganggu dan tidak bisa berkonsentrasi sehingga gaduh karena memarahi Deni
·     Siswa menjadi kurang memperhatikan penjelasan guru
5
·     Tempat duduk dirolling agar Deni bisa duduk didepan
·     Guru bisa menjelaskan dengan berdiri dan sesekali berjalan ke belakang (deretan bangku belakang)
2 (Sasaran Akselerasi)
Deni bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan tidak jail
6
·     Teman-teman Deni bisa belajar denga tenang dan bisa berkonsentrasi penuh
·     Guru menjadi lebih perhatian pada Deni
·     Guru memberikan pujian karena Deni sudah bisa mengikuti pelajaran dengan baik

9
·     Guru memberikan kesempatan pada Deni untuk bertanya tentang pelajaran yang kurang jelas
·     Tempat duduk ditata membentuk huruf U
1 (Sasaran Deselerasi)
Deni selalu jail pada teman-teman saat pelajaran berlangsung dengan mencubit, menggelitiki dan menarik lengan baju temannya
10
·     Guru menjelaskan apa yang ditanyakan Deni
·     Siswa lebih fokus pada penjelasan guru
7
·  Tempat duduk bisa dibuat / ditata dengan posisi melingkar / berbebtuk U
·  Guru lebih perhatian pada siswa
·  Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya / mengajukan pendapat
2 (Sasaran Akselerasi)
Deni bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan tidak jail
8
·     Guru bisa mengawasi semua siswa
·     Siswa bisa lebih bersungguh-sungguh
·     Siswa menjadi mengerti dan paham dengan materi yang disampaikan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar